Pandemik covid-19 merupakan momok yang sangat menakutkan bagi Masyarakat,pemerintah pusat mau pemerintah Daerah memberikan himbauan agar semua menaati protokol covid-19.
Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat (KBB) untuk sementara meniadakan sistem pelayanan langsung secara tatap muka.
Langkah ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona Disease (COVID-19) bagi masyarakat yang tengah mengurus Adminduk.

Kadisdukcapil Hendra Trismayadi menjelaskan, alasan meniadakan tatap muka untuk menghindari penyebaran Covid-19. Karena di salah satu Dinas di gedung C ada yang terjangkit Covid-19, terlebih surat edaran tatap muka sudah dibuat terhitung besok 14 hari kerja kedepan.

“Selama dua Minggu dari mulai Rabu besok kita tida ada pelayanan tatap muka, Ini upaya kami untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona,” ujar Hendra saat di konfirmasi, Selasa (11/8).

Lebih lanjut Hendra menjelaskan,untuk pembuatan KK,Akte Kelahiran, elemen data ruksak (KTP). Masyarakat bisa melakukan pendaftaran secara online.

“Untuk perekaman di kbb ditiadakan sedangkan di kecamatan pelayanan tetap berjalan, Masyarakat tinggal mengakses link pendaftaran online di Disdukcapil.bandungbarat.go.id,” katanya

Hendra menegasakan, untuk masyarakat yang urgen tetap kita layani dan kita akan bantu dengan menggunakan protokol kesehatan.

“Kita imbau kepada masyarakat yang tidak sangat urgen agar dapat menunda pengurusan dokumennya, tapi yang urgent tetap kita layani seperti dokumen untuk sekolah, BPJS atau rumah sakit.