Wisata Waduk Jatiluhur, Jawa Barat – Menghabiskan akhir pekan atau hari libur bersama keluarga tentu akan lebih menyenangkan jika dilakukan di tempat wisata. Jika Anda mulai bosan dengan destinasi wisata di sekitar Anda, mungkin inilah saatnya untuk menemukan tempat baru.

Salah satunya adalah melakukan wisata alam sambil berenang dan bermain air bersama buah hati di wisata Waduk Jatiluhur, Purwakarta.

Di sana ada banyak spot foto yang memberi hasil jepretan tak biasa. Serta fasilitas lain untuk Anda yang menginginkan pengalaman baru. Agar Anda tidak penasaran, ada baiknya terlebih dahulu Anda simak ulasan singkat kami mengenai Waduk Jatiluhur di bawah ini.

Sejarah Singkat Waduk Jatiluhur Purwakarta

Waduk Jatiluhur merupakan sebuah bendungan terbesar di Indonesia dengan luas mencapai sekitar 8.300 hektar dan memiliki panorama yang sangat indah. Waduk ini mulai dibangun pada tahun 1957 saat pemerintahan Soekarno.

Dengan potensi air yang tersedia sebanyak 12.9 miliar m3 per tahunnya. Pengerjaan waduk yang membendung Sungai Citarum ini memakan waktu 10 tahun dan selesai pada tahun 26 Agustus 1967.

Setelah selesai dikerjakan, waduk Jatiluhur ini diresmikan oleh Presiden Indonesia yang kedua yaitu Jenderal Soeharto.  Waduk serba guna pertama di Indonesia ini dikerjakan oleh kontraktor asal Perancis bernama Compagnie Francaise d’entreprise.

Nama bendungan di wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta yang menghabiskan dana hingga 230 juta dolar Amerika ini adalah Bendungan Ir. H. Djuanda. Hal terebut untuk mengenang jasa beliau dalam memperjuangkan pembiayaan dalam membangun bendungan tersebut.

Ir. H. Djuanda yang bernama lengkap Ir. H. R. Djoeanda Kartawidjaja adalah perdana menteri RI terakhir dan memimpin Kabinet Karya. Beliau bersama Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno, merupakan orang yang sangat gigih memperjuangkan pembangunan bendungan ini.